Penutup

Setiap manusia, siapapun Kita ! Apakah anak-anak, pelajar, mahasiswa, karyawan atau profesi lainnya sejatinya terkait dengan aktifitas pertukaran bahkan tidak menutup kemungkinan terkait dengan aktivitas penjualan.

Bagi seorang anak, konsep penjualan dipraktekkan dengan cara bagaimana menarik perhatian Ayah dan Ibunya untuk mendapatkan mainan. Sedangkan bagi seorang karyawan, yaitu bagaimana cara menukarkan ketrampilannya dengan gaji kepada majikannya. Bagi Seorang mahasiswa, yaitu bagaimana cara menukar ketekunan belajar dengan Indeks prestasi.

Apalagi bagi seorang penjual. Kesuksesan seorang penjual menentukan hidup matinya perusahaan. Hasil penjualan mendukung keberhasilan pamasaran sebuah perusahaan. Pemasaran adalah ujung tombak perusahaan.

Produk yang inovatif, harga yang murah dan didukung jaringan distribusi yang luas, dalam kenyataanya tidak cukup menjamin produk bisa dijual.

Selanjutnya diperlukan dukungan penjualan melalui media iklan, kehumasan, promosi penjualan dan yang tidak kalah penting adalah dukungan Tim penjualan personal.

Buku ini telah menguraikan 9 (Sembilan) kiat bagaimana melakukan penjualan sukses. Dengan demikian diharapkan buku ini dapat menjadi pedoman bagi siapapun terutama bagi seorang penjual. Ke sembilan kiat tersebut adalah (1) Saya seorang penjual, (2) Sayalah Tahu lebih Banyak, (3) Saya kira Ia Pembelinya, (4) Saya yakin ini Pembelinya, (5) Saya ingin bertemu dengannya, (6) Saya presentasikan Apa yang Ia mau, (7) Saya selalu lengkapi kebutuhannya, (8) Saya sedang bergembira, (9) Saya selalu dihatimu.

Selanjutnya masing-masing kiat dilengkapi dengan 9 Tip, jadi keseluruhan memuat 81 Tip yang bisa dijadikan rujukan pembaca.

Konsep dapat dijadikan pedoman dan rujukan agar pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar, tetapi yang perlu diingat, bahwa apa yang dinyatakan dikonsep tidak selalu sama dengan kenyataanya. Hal ini disebabkan asumsi-asumsi atas konsep di dunia usaha sulit dipenuhi dengan sempurna.

Walaupun demikian penjualan dengan konsep lebih baik daripada penjualan tanpa konsep. Aksi penjualan yang berpedoman pada konsep lebih baik daripada beraksi dengan jurus coba-coba “trial error” (coba sana-coba sini)

Bagi siapa yang meyakini bahwa hasil merupakan hak dari Allah Yang Maha Kuasa. Kewajiban PENJUAL adalah berkerja sebaik dan semaksimal mungkin serta tidak lupa berdoa.

Bagi penjual sukses, usaha dan Doa adalah suatu keharusan. Untuk mencapai sebuah kesuksesan penjual harus berupaya keras untuk dapat meraih daun pintu-pintu dan memohon kepada pemilik sejati kesuksesan untuk dapat membuka pintu kesuksesan bagi Anda.

Mudah-mudahan coretan kecil ini dapat memberikan warna buat kemajuan dunia bisnis khususnya bidang penjualan dan pemasaran.

Tidak ada gading yang tak retak, penulis mengharapkan sumbang saran pembaca demi penyempurnaan dimasa mendatang kami.

Salam dan sukses selalu.

Leave a Comment