Kiat 4 : Saya Yakin Dia Pembelinya

nformasi adalah penting. Tanpa dukungan informasi yang memadai pengambilan keputusan yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan penjualan tidak dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Pentingnya informasi tentang calon pembeli.

Kegiatan penjualan yang efektif dan efisien memerlukan informasi tentang calon pembeli. Calon pembeli merupakan sasaran kegiatan penjualan. Berbagai hal tentang calon pembeli perlu diketahui. Informasi tentang kebutuhan dan keinginan, tingkat penghasilan, selera dan sebagainya.

Setiap perusahaan harus memiliki daya saing yang tinggi. Dengan demikian produk, merek atau instansi perusahaan memiliki nilai kepuasan yang lebih besar`dari harapan pelanggan. Sehingga Omset dan profitpun meningkat.

Perusahaan yang memiliki daya saing tinggi selalu mempraktekkan manajemen yang berorientasi kualitas. Salah satu syarat penting terwujudnya manajemen berbasis kualitas adalah efisiensi kerja. Kegiatan perusahaan disebut efisien ketika aktivitas usahanya berjalan pada skala ekonomis. Aktivitas perusahaan pada skala ekonomis dapat terwujud ketika biaya-biaya produksi tetap dan jumlah unit produksi meningkat.

Sembilan Tip menjawab kiat ke 4

Selanjutnya ada 9 Tip untuk mendapatkan data-data tentang calon pembeli :

Tip Ke 28 : Saya yakin dari Survey. Survey pembeli adalah suatu upaya untuk mendapatkan informasi cara menguji dan mendeskripsikan prospektif terhadap objek yang diteliti, yaitu tantang pembeli.
Tip Ke 29 : Saya yakin dari Observasi. Observasi pembeli adalah suatu upaya untuk mendapatkan informasi dengan cara mengamati langsung maupun tidak langsung terhadap objek yang diteliti, yaitu tentang pembeli.
Tip Ke 30 : Saya yakin dari Kuisioner. Isian Kuisioner pembeli adalah sebuah intrument yang memuat berbagai daftar pertanyaan yang tentang prospek objek yang diteliti, yaitu tentang pembeli. Karena media komunikasi tertulis dan peneliti tidak selalu bisa bertatap muka dengan responden, maka perancangan kuisioner harus berorientasi responden bukan surveyor. Penulis pernah mengunjungi pameran produk anak di JHCC, dimana industri produk anak mulai dari makanan, mainan, pendidikan, kesehatan dan banyak lainnya ikut serta. Ketika penulis berkunjung ke sebuah stand susu anak, maka dengan ramahnya seorang penjaga stand menyapa ramah : Silakan masuk pak! Ada yang bisa kami bantu ! Atas kehadirannya bapak akan mendapatkan door price ? tetapi sebelumnya mengisi terlebih dahulu kuisioner dari kami ? Apa Bapak bersedia ! Itulah cara efektif bagaimana menarik perhatian calon pembeli melaui isian kuisioner ?
Tip Ke 31 : Saya yakin dari Wawancara. Yaitu suatu cara pengumpulan data melalui tanya jawab secara langsung kepada objek yang ditelitinya yaitu pembeli. Objek penelitian adalah pembeli potensial. Informasi dapat diketahui lamgsung dari responden. Hasil wawancara sering pula disebut data primer, yaitu data yang dihasilkan langsung dari responden. Keberhasilan wawancara tidak pernah lepas dari kemampuan pewawancara dalam mengeksplorasi responden. Jawaban responden diharapkan obejektif dan bebas dari kepentingan. Faktor waktu dan tempat harus menjadi perhatian pewawancara agar proses wawancara dapat berlangsung lancar.
Tip Ke 32 : Saya yakin dari Kepustakaan KEPUSTAKAAN adalah sumber referensi bersifat akademis melalui buku, jurnal, media cetak lainnya bahkan CD-ROM. Koleksi pustaka terdiri dari buku ilmiah, buku populer, jurnal ilmiah, dan sebagainya. Referensi pustaka bersifat teori, konsep, dalil, hasil penelitian dan lain-lain. Persepsi, perilaku, dan kharakter serta trend pasar sasaran yang dapat diakses dari koleksi perpustakan dapat dijadikan acuan dalam menjalankan aktivitas penjualan.
Tip Ke 33 : Saya yakin dari Intelejen Pemasaran INTELEJEN PEMASARAN adalah adalah orang yang bertugas mencari berbagai keterangan tentang kebutuhan dan keinginan pembeli. Melalui berbagai keterangan tentang kebutuhan dan keinginan, selera, daya beli pembeli, saluran distribusi dan promosi yang efektif dan sebagainya. Informasi intelejen diketahui lebih dini dalam rangka mengatisipasi perubahan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Penjual harus lebih dini tahu perubahan selera konsumen, dampak kenaikan BBM tiga bulan mendatang, pesaing akan meluncurkan TV Flat dengan harga biasa. Berdasarkan rekomendasi aktivitas intelegen, maka diharapkan penjual lebih tanggap dan responsif terhadap berbagai perubahan.
Tip Ke 34 : Saya yakin dari Pramuniaga PRAMUNIAGA adalah seseorang yang berprofesi pelayan toko/departement store/supermarket dan sebagainya. Pramuniaga adalah ujung tombak penjualan toko, departement store, toko swalayan maupun hypermarket. Sikap ramah, murah senyum, tanggap atas berbagai pertanyaan, penguasaan berbagai hal tentang produk, penampilan yang serasi, komunikatif adalah sifat mutlak yang harus dimiliki seorang penjual. Pramuniaga bukan hanya menjalankan tugas penjualan, tetapi juga dimungkinkan untuk menampung berbagai kesan, pesan, keluhan, ataupun kebutuhan dan keinginan sesungguhnya. Oleh karenanya penjual tidak hanya dibekali bagaimana cara menjual efektif, tetapi juga dibekali ketrampilan bagaimana mengumpulkan informasi tetang kepuasan pelanggan. Informasi dari pembeli merupakan umpan balik bagi penyempurnaan produk..
Tip Ke 35 : Saya yakin dari Distributor DISTRIBUTOR adalah pihak yang aktifitas utamanya adalah menyalurkan/menjual produk dari produsen kepada pengecer untuk dijual kembali bukan untuk digunakan atau dikonsumsikan. Distributor memiliki kesempatan untuk mengetahui berbagai informasi yang berguna bagi penjual sendiri, seperti: Sejauhmana tanggapan pengecer terhadap produk ? Produk mana saja yang diminati pengecer ? Apakah produk memiliki nilai jual yang tinggi bagi penjualan ?
Tip Ke 36 : Saya yakin dari Pengecer PENGECER adalah seseorang atau organisasi yang aktivitas utamanya adalah menyalurkan/menjual produk dari distributor kepada pelanggan untuk digunakan atau dikunsumsikan bukan untuk dijual kembali. Pengecer tidak bukan saja ujung tombak penjualan, tetapi juga pintu masuk berbagai informasi mengenai kepuasan pelanggan. Informasi ini berguna bagi produsen sebagai evaluasi atas kinerjanya. Apakah nilai produk sesuai dengan harapan pelanggan. Umpan balik diperlukan dalam rangka memelihara hubungan baik antara produsen/ penjual dan konsumen.

Setelah DATA-DATA CALON PEMBELI di peroleh dan disusun berdasarkan kriteria tertentu, seperti berdasarkan wilayah, jenis kelamin, umur, tingkat pendapatan, status sosial, gaya hidup dan sebagainya, selanjutnya cocokkan dan sesuaikan dengan TARGET PASAR yang telah ditetapkan perusahaan dengan berpedoman pada analisis SWOT.

Leave a Comment