Jadilah Diri Sendiri

Berbagai peristiwa lomba digandrungi anak negeri. Mulai dari tingkat RT sampat tingkat Olympiade “Internasional”. Mulai dari panjat pinang sampai dengan Super Rezeki. Para orang tua, guru dan pemimpin bangsa memiliki harapan yang besar agar anak-anak negeri tampil menjadi pemenang berbagai lomba. Tak mau ketinggalan para industri pertelevisian mengadakan lomba-lomba berhadiah, seperti : who want to be millionere, deal or no deal, Super Rezeki 1 MILYAR, Super deal 2 MILYAR dan SuperMilyarder 3 MILYAR.

Peminat acara kuis tersebut semakin hari semakin banyak. Sebaliknya informasi yang menggambarkan kehidupan asli anak negeri sepi penonton. Sambil memencet remote TV untuk mengganti saluran TV “Super rezeki” mereka mengerutu “hari ginie masih kuno”.

Indonesia adalah bangsa Bahari dan bangsa Pertanian ?!
Ironi tetapi nyata. Suatu kali saya berdiskusi dengan seorang budayawan dan berbicara tentang fenomena gencarnya arus tranformasi budaya asing. Beliau mengatakan pentingnya pelestarian budaya sebagai pedoman hidup, kecuali satu aspek, yaitu etos kerja. Etos kerja Bangsa perlu meniru Etos kerja Bangsa Jepang.

Di kesempatan lain seorang teman yang malang melintang bekerja di perusahan mutinasional besar, mengatakan bahwa ada seorang pakar sosiologi menyebutkan bahwa bangsa etos kerja tinggi adalah didominasi oleh bangsa bahari dan etos kerja rendah adalah didonimasi bangsa pertanian.

Konsep Manajemen

Bagaimana kita menyingkapi fenomena diatas? Setujukah anda jika ada konsep manajemen baru, menyusul konsep Total quality management (ala Amerika), konsep Fengsui (ala Cina) dan konsep Kaizen (ala Jepang). Kabarnya Masalah Amerika akan pas jika dipecahkan dengan konsep ala Amerika, masalah Cina lebih pas dipecahkan dengan pendekatan konsep fengsui, dan Masalah bisnis Jepang lebih tepat jika di pecahkan dengan ala Jepang.

Jadi tidak keliru jika masalah kita, lebih tepat dipecahkan dengan Konsep Manajemen bisnis “ala Indonesia”. Hendaknya Pebisnis Jadilah diri sendiri.
Ayo, kini saatnya Jadi-lah diri sendiri! Ayo Indonesia Bangkit-lah!

Leave a Comment